Sunday 5 February 2017

PrimaXP Oli Murah Tapi Tidak Murahan

Oli atau minyak pelumas merupakan cairan yang sangat berguna untuk mesin kendaraan. Oli dalam aplikasinya mempunyai peran yang sangat vital antara lain untuk melumasi komponen dalam mesin, menjaga komponen dalam mesin dari keausan karena gesekan, serta untuk menjaga suhu mesin kendaraan tetap optimal atau yang sering kita kenal untuk mendinginkan mesin. Dengan peranan yang sangat penting tersebut tentunya kita tidak boleh asal pilih dalam membeli oli untuk kendaraan kita. Kita hendaknya membeli oli sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan sesuai dengan kegunaan kendaraan kita.

Pertamina sebagai perusahaan tambang minyak lokal mempunyai beberapa produk minyak pelumas untuk kendaraan bermotor baik mesin dengan bahan bakar bensin maupun mesin diesel. Diantara produk minyak pelumas dari pertamina yang kita kenal diantaranya ada Enduro, Fastron, Mesran, Meditran dan PrimaXP. 

Kali ini kita akan membahas produk Pertamina yang bernama PrimaXP. Oli ini tergolong cukup familiar bagi pecinta otomotif di Indonesia. Oli yang terkenal dengan harga murah tapi tidak murahan ini sangat digemari masyarakat indonesia untuk mendinginkan mesin mobil atau motor mereka termasauk saya :D. Dari pabriknya oli ini diklaim mampu menempuh jarak 7500 kM ketika digunakan untuk mesin mobil. Namun saya hanya berani mencoba sampai 4000 kM saja, dan menurut saya tidak ada penurunan performa pada kendaraan walaupun ketika saya ganti olinya sudah berwana hitam.

PrimaXP terbuat dari bahan semi syntetic atau campuran dari bahan tambang dengan bahan kimia. Meskipun performa yang dihasilkan tidak seagresif oli fully syntetic, tapi oli ini cukup kuat ketika dipakai untuk kendaraan pemakaian sehari-hari. PrimaXP memiliki viskositas yang cukup kental dibanding produk oli yang lain yaitu dengan standar SAE 20W-50. Dengan kekentalan tersebut akan membuat mesin tetap terjaga pada suhu optimalnya walaupun cuaca lagi panas - panasnya dan sangat aman dari kata over heating. Disamping keunggulan yang dihasilkan oli ini pastinya ada juga kelemahannya yaitu pada segi akselerasi mesin. Dengan kekentalan yang cukup tinggi membuat tarikan kendaraan jadi sedikit lebih lambat jika kita bandingkan dengan produk lainnya yang menggunakan kekentalan lebih rendah. Namun untuk kondisi iklim yang panas seperti Indonesia, oli PrimaXP menurut saya sangatlah cocok dan rekomen banget untuk merawat mesin motor atau mobil kita. 

Untuk mendapatkan oli ini cukup mudah, bisa dibeli di SPBU atau bengkel - bengkel yang ada. Oli PrimaXP dijual dengan harga yang sangat terjangkau, sekitar Rp. 45.000/liter atau sekitar Rp. 160.000/4liter. Jadi kita tidak perlu beli oli impor yang harganya mahal namun kualitasnya sama. 


No comments:

Post a Comment