Tuesday 17 January 2017

TIPS - TIPS MERAWAT MESIN MOTOR

Motor merupakan sarana penunjang aktivitas manusia, bahkan di era moderen seperti saat ini hampir semua orang menggunakan motor untuk kegiatan sehari - hari mereka seperti, pergi bekerja, pergi ke sekolah, jalan - jalan, hobi, bahkan ojek online. Jadi, di jaman sekarang hampir mustahil kalau kita jauh - jauh dari kendaraan bermotor. Selain kendaraan tersebut dapat dipakai dalam segala kondisi termasuk saat masuk gang sempit sekali, sepeda motor merupakan kendaraan yang paling bersahabat untuk dompet kita alias irit gan. :D

Maka dari itu, motor juga harus kita rawat dan kita sayang juga, gak cuma pacar doang yang disayang - sayang lho ya. Nah, untuk mempertahankan performa motor atau memperpanjang usia kendaraan kita maka ada beberapa hal  penting yang harus kita perhatikan nih, antara lain :

  • Selalu memanaskan mesin motor di pagi hari.


Memanaskan mesin motor di pagi hari sangat berguna untuk menaikkan suhu mesin supaya mencapai suhu optimal sesaat sebelum digunakan serta berfungsi untuk melumasi komponen dalam mesin setelah semalaman diistirahatkan. Disamping itu, dengan kita memanaskan mesin motor dipagi hari kita dapat mengidentifikasi keadaan mesin motor kita, bagi yang paham mesin pastinya paham ketika ada perubahan suara mesin atau putaran mesin masih normal atau tidak. Memanaskan mesin tidak perlu lama-lama, cukup 2-5 menit dengan putaran langsam aja cukup, gak usah digeber.
  • Cek keadaan ban motor kita.
Sebelum bepergian hendaknya kita cek dulu kondisi kedua ban sepeda motor kita guys. Kita cek apakah tekanan anginnya cukup atau kurang atau bahkan kelebihan. :D. Selanjutnya dicek juga kondisi kembangan kedua ban kendaraan, apakah masih oke atau sudah gundul. kalau sudah gundul disarankan diganti baru aja ya jangan di silet bikin alur ban baru kaya ban-ban bekas yang dijual di tukang tambal. :D
  • Selalu melumasi dan menjaga rantai supaya tidak kendor.
Ini yang paling sering terabaikan diantara kita nih, yaitu membiarkan rantai motor kita pada kondisi kering apalagi pakai kendor segala. Selain bikin suara bising saat dikendarai, rantai kering dan kendor juga mengakibatkan transfer tenaga dari mesin ke roda belakang jadi tidak optimal. Akibatnya tarikan motor kita jadi molor atau berat. Dianjurkan selalu melumasi rantai sehabis dicuci atau habis kehujanan. Jangan sekali-sekali melumasi rantai pakai oli bekas ya, soalnya oli bekas mengandung kotoran yang bisa merusak rantai kita. Gunakan oli yang masih bagus gak perlu oli bermerek atau pakai Chain lube saja yang lebih praktis tinggal semprot. Untuk kekencangan rantai dicek berkala saja sesuai intensitas pemakaian kendaraan.
  • Lakukan cek terhadap lampu-lampu, rem dan indikator.
Yang satu ini juga tidak kalah penting. Sebelum kita pacu kendaraan kita, alangkah baiknya kita cek dulu kondisi rem motor kita, lampu-lampu nyala apa enggak, indikator lampu sein dan lampu rem juga tidak boleh ketinggalan dicek juga, intinya safety first lah.
  • Mengganti oli mesin secara berkala.
Oli mesin merupakan hal terpenting dalam menjaga keawetan mesin motor kita. Secara periodik kita harus mengganti oli mesin kendaraan kita ya biar seger lagi mesinnya. Rata-rata periode penggantian oli sepeda motor sekitar setiap 3000 kM. Mengganti oli sepeda motor diatas 3000 kM sangat tidak dianjurkan, karena cairan oli sudah berubah kekentalannya dari semula. Selain itu oli di dalam mesin dalam jangka waktu lama akan tercampur kotoran dari mesin motor akibat gesekan gearbox, suhu mesin dan sebagainya. Sangat disarankan lebih baik menggunakan oli jenis full syntetic aja karena cairannya dijamin lebih bersih ketimbbang oli semi syntetic ataupun oli dari bahan tambang yang kemungkinan besar masih bercampur dengan bahan lainnya. Jadi jangan telat untuk ganti oli mesin motor kita ya, biar seger mesinnya. 
  • Perhatikan indikator BBM motor kita.
Diantara semua hal diatas ini yang paling penting menurut saya, sebelum ngegas kita lihat dulu indikator BBM apakah masih banyak atau sudah mendekati habis. Kalau sudah mendekati habis segera menuju SPBU terdekat untuk diisi BBM nya. Jangan sampai telat juga, sebab kalau sampai kehabisan BBM apalagi motor yang sudah injeksi bakal rewel mesinnya. Bisa-bisa mesin gak mau nyala.

Saya kira itu lah hal-hal sepele yang wajib kita perhatikan dalam merawat kendaraan bermotor kita supaya tetep awet dan ngacir di jalanan. Jangan lupa dicuci motornya ketika sudah kotor biar enak dipandang dan sebagai bukti kasih sayang dari pemilik ke motornya. Utamakan keselamatan berkendara, patuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan raya dan jangan kebut-kebutan. Salam. 

No comments:

Post a Comment