Thursday 12 January 2017

WISATA ALAM KALINANAS

BLORA - Kota tempat saya lahir yang cukup damai dan tentram serta jauh dari kemacetan di sebelah timur Jawa Tengah ini ternyata menyimpan banyak potensi wisata alam yang cukup indah. Namun sayangnya potensi itu belum tersentuh alias terabaikan. 

Kalinanas, sebuah desa di kecamatan Japah yang cukup jauh  dengan jarak sekitar 30 km dari pusat kota Blora ini menyimpan salah satu potensi alam yang indah berupa dinding batu kapur yang cukup menarik untuk dikunjungi. Dinding batu kapur ini terbentuk secara alami karena kikisan arus air sungai yang mengalir sampai sekarang.

Diperlukan sentuhan tangan - tangan kreatif untuk bisa mengembangkan potensi alam ini. Untuk para pengunjung diharapkan bisa menjaganya dari keusilan tangan - tangan yang gatel dan alay, soalnya ketika saya ke sana sudah terdapat tulisan - tulisan yang menepel di dinding batu kapur yang merusak pemandangan kita dan sangat disayangkan.  
Lokasi dinding batu kapur ini semakin eksotis karena diatasnya terdapat jembatan tua yang sudah tidak bisa dilewati kendaraan. Yang tertantang lewat silakan aja tak jamin kecemplung :D. Kabar dari sumber warga sekitar jembatan tersebut sudah ada dari jaman Belanda atau Jepang kalau tidak salah dengar :D.  

Sayangnya akses ke lokasi ini lumayan susah dijangkau kendaraan roda empat, untuk memasuki area tersebut sementara hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk. Kedepannya diharapkan lokasi ini benar - benar dikembangkan baik oleh pemerintah daerah maupun swasta supaya dapat dikelola dengan lebih baik demi menarik wisatawan lebih banyak lagi ke Blora. 

Untuk para pelancong yang pecinta alam, lokasi ini bisa jadi salah satu tujuan untuk refreshing serta sebagai sarana untuk mendekatkan diri ke alam. Itulah sekilas cerita tentang lokasi yang belum terjamah. 

No comments:

Post a Comment